Tanaman Kumis Kucing dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kita - KRITERIATOR

       Masih juga membahas tentang  Obat Herbal , KRITERIATOR kali ini ingin membahas tentang Tanaman Kumis Kucing dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kita. Tanaman yang bernama latin Orthosiphon Aristatus ini merupakan jenis tanaman obat-obatan yang asalnya asli dari negara tercinta kita yaitu negara Indonesia. Tanaman Kumis Kucing ini memiliki cukup banyak manfaat dalam penyembuhan berbagai penyakit.


             Tanaman Kumis Kucing memiliki banyak kandungan bahan kimia seperti Orthosiphonin Glikosida,
zat samak, minyak asiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, mioinositol dan sinensetin. Kalium berkhasiat diuretik dan pelarut batu saluran kencing dan sinensetin berkhasiat sebagai antibakteri. Biasanya bahan yang digunakan adalah herba kumis kucing, baik yang segar maupun yang telah dikeringkan.
Herba Tanaman Kumis Kucing memiliki rasa manis dengan sedikit rasa pahit dan sifatnya sejuk. 

 Pada umumnya, Herba Kumis Kucing biasa digunakan dalam pengobatan : 

1. Infeksi ginjal akut dan kronis.
2. Infeksi kandung kencing (sistitis)
3. Kencing batu
4. Sembaba akibat timbunan cairan dijaringan (edema)
5. Kencing manis (diabetes mellitus)
6. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
7. Rematik gout

        Pasti sahabat KRITERIATOR bingungkan bagaimana cara pengolahan herba kumis kucing ini sesuai dengan penyakit yang akan diobati? Tenang saja, KRITERIATOR akan membahasnya dengan tuntas. berikut adalah cara pengolahan yang cukup mudah untuk anda lakukan dirumah. 

PENGOLAHAN :

1. Mengobati penyempitan saluran kencing.
    Caranya : Siapkan 10gr kumis kucing, 10gr kayu anyang, 10gr pulosari, 10gr adas dan campur dengan 200cc air lalu rebus sampai mendidih. Air rebusan tadi diminum secara rutin dan teratur setiap hari pada pagi dan sore hari. Agar dapat hasil yang maksimal, hindari makan makanan yang memiliki rasa asin.

2. Mengobati kencing batu
    Caranya : Ambil daun Remujung, jagung muda, murbei dan daun meniran. Setelah itu rebus ramuan tadi dengan 4 gelas air hingga mendidih sampai air tersisa setengahnya. Minum air rebusan secara teratur sekali dalam sehari untuk setiap hari.

3. Menghilangkan rasa lelah
    Caranya : Ambil daun Remujung 10gr,daun pegangan 30gr, kayu manis 50gr, daun jinten 40gr, kencur 20gr, daun besaran 5gr, daun sembung 15gr, widara putih 15gr rebus dengan 400cc air hingga mendidih sampai tersisa setengah dari takaran air awal. Setelah mendidih, campurkan dengan madu dan minum ramuan tersebut setiap hari.

4. Mengobati amandel
    Caranya : Ambil daun kumis kucing secukupnya, Rebus dengan campuran 6 gelas air hingga mendidih sampai tinggal tersisa setengahnya saja, biarkan dingin dan disaring. Bisa diminum 3 gelas dalam sehari dengan waktu yang teratur.

5. Mengobati pusing (darah tinggi)
    Caranya : Ambil sekitar 5 lembar daun kumis kucing kemudian cuci bersih lalu tumbuk dan tersebut sampai halus. Seduh dengan segelas air mendidih lalu biarkan hingga dingin. Bila sudah dingin, saringlah ramuan tadi dan diminum dalam 2 kali sehari masing masing satu gelas sampai rasa pusing hilang secara perlahan.
Sekian dulu informasi dari kami KRITERIATOR, semoga informasi ini sangat berguna bagi anda para pembaca setia. Salam hangat KRITERIATOR
Tanaman Kumis Kucing dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kita - KRITERIATOR Tanaman Kumis Kucing dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Kita - KRITERIATOR Reviewed by Feby Arlen on Friday, January 17, 2014 Rating: 5
Powered by Blogger.