Penyakit Campak dan Cara Mencegahnya - KRITERIATOR

Penyakit Campak dan Cara Mencegahnya - Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saluran pernapasan yang menyebabkan infeksi. Pada penyakit ini penderita akan mengalami demam, batuk, flu (pilek), dan gangguan saluran pernapasan lainnya. Selain itu, akan timbul bintik merah di seluruh tubuh (termasuk wajah) penderita. Penyakit campak dikategorikan sebagai penyakit menular, penularannya dapat dengan cara kontak langsung, atau melalui udara jika penderita batuk dan virus penyebab penyakit campak akan menyebar di udara dan terhirup oleh orang lain. Jika kekebalan tubuh orang sekitar lemah, maka akan dengan mudah terserang penyakit campak. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak yang metabolisme tubuhnya masih rentan terhadap penyakit, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa juga dapat terserang gejala penyakit campak jika pola hidup yang diterapkan tidak sehat.
Balita yang Terserang Penyakit Campak

Penyakit campak akan diketahui pada saat penyakit demam yang mencapai >38°C setelah 10-14 hari terjadi, biasanya setelah itu akan muncul bintik merah pada tubuhnya. Selain itu pada kasus yang sudah terjadi, penderita juga akan mengalami diare, tidak nafsu makan, dll. Gejala ini yang harus diperhatikan jika terjadi pada anak-anak, karena jika dibiarkan saja akan menyebabkan anak kekurangan cairan tubuh. Maka dari itu untuk selalu menjaga kondisi lingkungan terutama rumah anda dalam keadaan bersih dan sehat, karena jika lingkungan sekitar kotor maka virus dan bakteri penyebab penyakit akan sangat mudah menyerang kita. Sebelum kita ketahui apa saja gejala penyakit campak pada anak ataupun orang dewasa ada baiknya kita simak apa saja penyebab penyakit ini. Berikut adalah penyebab gejala penyakit campak yang perlu anda ketehui :


  • Infeksi Virus dan Bakteri
  • Lingkungan tidak Sehat
  • Pola Hidup tidak Sehat
  • Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh
  • Suhu Badan Meningkat
  • Infeksi Saluran Pernapasan

Berikut Adalah Gejala Penyakit Campak :


  1. Suhu Badan Meningkat
  2. Demam
  3. Batuk
  4. Flu (pilek)
  5. Radang Tenggorokan
  6. Nafsu Makan Berkurang
  7. Keluar Bintik Merah Pada Tubuh

Pengobatan pada gejala penyakit campak biasanya dokter akan memberikan vaksin campak kepada penderita. Biasanya campak akan terjadi pada anak apabila belum diberikan vaksin campak pada saat posyandu. Jika hal ini terjadi, maka pada saat dewasa mungkin akan terserang penyakit campak, sedangkan bagi yang sudah diberikan vaksin campak pada saat balita , kemungkinan terjadi sangat minim tergantung pada pola hidup sehat atau tidak. Selain itu, jika anak atau pun anda terserang penyakit campak maka segeralah untuk melakukan pengobatan sesuai yang dianjurkan oleh dokter.

Karena jika tidak dilakukan pengobatan secara cepat, maka suhu pada tubuh akan meningkat kembali menjadi >40°C. Jika suhu tubuh sudah mencapai tinggi sepeti itu, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan penderita. Lakukan pencegahan dengan menjaga pola hidup sehat dan menjaga kesehatan lingkungan sekitar serta kesehatan tubuh. Rajinlah mengkonsumsi buah dan sayur, supaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh supaya lebih kuat dan tahan penyakit. Semoga artikelnya bermanfaat dan anda bisa lebih waspada lagi akan bahaya gejala penyakit campak.
Penyakit Campak dan Cara Mencegahnya - KRITERIATOR Penyakit Campak dan Cara Mencegahnya - KRITERIATOR Reviewed by Feby Arlen on Wednesday, February 12, 2014 Rating: 5
Powered by Blogger.